Materi :
- Lingkaran Semaphore I = A, B, C, D, E, F, G.
- Bentuk bendera
- Cara memegang bendera
- Sikap sempurna
Kegiatan Latihan :
1.
|
Kenalkan dan tunjukkan bendera semaphore dan peragakan cara memegang
Cara memegang
tongkat bendera adalah : tongkat dipegang dengan tangan, jari telunjuk
lurus tongkat (tidak ikut menggenggam tongkat). Ini untuk menjaga agar
posisi tongkat segaris lurus dengan tangan kita. Selama mengirim isyarat
tangan dan lengan dijaga tetap lurus dengan tongkat bendera. Gerakan
bertumpu pada sendi peluru di bahu.
|
|
2.
|
Memperagakan sikap sempurnanya mengirim semaphore
Sikap badan adalah : berdiri tegak, kaki dibuka (kangkang), pada
saat tidak mengirim isyarat bendera disilangkan didepan kaki. (maaf gambar ilustrasi kaki tidak membuka) |
|
3.
|
Pembina memperagakan isyarat huruf pada lingkaran semphore I, secara urut sambil mengucapkan nama huruf.
Ulangi lagi secara urut, peserta didik mengucapkan huruf yang diperagakan pembina.
|
|
4.
|
Pembina
memperagakan isyarat huruf pada lingkaran semphore I, secara acak
peserta didik mengucapkan huruf yang diperagakan pembina
Ulangi, sampai semua peserta didik benar-benar hapal , baru dilanjutkan langkah berikutnya
|
|
5.
|
Peserta didik mengucapkan kata yang diperagakan pembina.
Kosa Kata, misal = DADA – ABA – ADE – GAGAB – BABE –
BECA – FACE. Ingat awal dan akhir kata diperagakan isyarat sikap
sempurna/ interval.
|
|
6.
|
Pembina
mempergakan pengiriman kalimat, dan menjelaskan bahwa setiap pengiriman
kata dalam kalimat dihunakan spasi dengan isyarat sikap sempurna/
interval.
Pembina
menanyakan bunyi kalimat yang telah dikirim kepada perorangan.
Selanjutnya peserta didik juga dapat memperagakan pengiriman kata dengan
kosa kata yang ada. Ulangi bergantian orang sampa semua menguasai
materi
|
|
7.
|
Peragakan
dan lombakan dengan gerakan yang lebih cepat untuk mengasah ingatan dan
tanggapan pandangan peserta didik. Mengakhiri latihan I dapat
diperagakan ulang dengan kosa kata yang lebih banyak dan menambah
kecepatan pengirimannyanya.
|
0 comments:
Post a Comment